Kamis, 13 Agustus 2009


"Jimi Hendrix " Gitaris nomor satu dunia " tercatat dalam guinness record

Lahir pada 27 November 1942 di Seattle, Washington, dengan nama Johnny Allen Hendrix yang kemudian dirubah menjadi James Marshall Hendrix di usia empat tahun oleh ayahnya, pria yang lebih dikenal dengan nama Jimi Hendrix ini adalah seorang musisi, penyanyi, penulis lagu dan tokoh budaya Amerika. Sering disebut sebagai salah satu gitaris paling berpengaruh dalam sejarah musik, khususnya dalam musik rock dan gitar elektrik.

Ayahnya adalah seorang tukang sapu. Jimi sering membantu ayahnya menyapu yang kemudian sering bergaya menjadi gitaris dengan menggunakan sapu setelah menyaksikan penampilan B. B. King. Ketertarikannya pada dunia gitar, membuat ayahnya menghadiahi Jimi sebuah gitar akustik bekas seharga 5 dollar dari kawannya pada saat Jimi berusia 12 tahun. Jimi kemudian mulai bergabung dengan sebuah band bernama The Velvetones yang hanya bertahan 3 bulan saja.

Hendrix pernah melanggar hukum dan diberikan pilihan antara menghabiskan waktu di penjara selama dua tahun atau bergabung dengan militer Amerika, akhirnya pada tahun 1961 Hendrix memutuskan untuk bergabung dengan militer. Namun sebuah cedera yang ia dapatkan saat terjun payung memaksanya batal untuk menjadi prajurit. Ia pun mulai menjadi gitaris cabutan dengan nama Jimmy James. Disini ia bertemu Little Richards dan kemudian membentuk bandnya yang bernama Jimmy James and The Blue Flames. Awal tahun 1965, Jimi bermain dalam sebuah acara kecil di kawasan Greenwich Village. Dalam sebuah jam session kecil dengan bassis grup Animal, Chas Candler. Chandler sangat terperana melihat permainan Jimi. Hingga setahun kemudian ia mengajak Jimi untuk kembali ke London dan membentuk band. Namun Chas Candler sendiri lebih memilih menjadi manager. Band tersebut diberi nama Jimi Hendrix Experience. Saat itu belum banyak musisi kulit hitam yang eksis di sana. Jimi Hendrix Experience mulai menjadi pembicaraan di London sepanjang tahun 1966.

Album pertama Are You Experienced? yang memuat single “Hey Jude” dan tembang-tembang seperti “Purple Haze”, “The Wind Cries Mary”, “Foxy Lady” dan “Fire” langsung menjadi sebuah album yang sangat fenomenal. Setiap penampilan Jimi Hendrix selalu ramai dikunjungi penonton. Dilanjutkan dengan merilis album kedua, Axis : Bold As Love, ditahun 1968, Jimi kembali ke Amerika dan membangun studio di New York bernama Electric Lady Studio.

Festival musik terbesar Amerika, Woodstock, ditahun 1969 pernah menampilkan Jimi Hendrix yang tampil bersama bandnya Gypsy Sun & Rainbow. Nama Jimi Hendrix langsung disanjung-sanjung menjadi salah satu gitaris nomor satu dunia. Aksi solo gitar dan penampilan yang liar, seperti memetik gitar dengan gigi, membakar gitar, memainkan feedback, distorsi dan aksi merusak gitar lainnya memukau ribuan mata pada saat itu.

Setelah merilis album First Rays Of The New Rising Sun, Jimi ditemukan tewas dikamar hotel di London pada 18 September 1970. Di sampingnya ditemukan sejumlah pil tidur. Polisi menyatakan kalau Jimi Hendrix meninggal akibat overdosis.

Karya-karya Jimi Hendrix menjadi salah satu inspirasi terbesar dalam dunia musik terutama permainan gitar yang berkembang di abad ke-20. sebut saja Yngwie Malmsteen salah satu gitaris rock handal ini menjadi tertarik dengan dunia gitar setelah melihat video Jimi Hendrix di televisi. Tak hanya Yngwie nama-nama besar seperti Brian May, Ritchie Blackmore, Steve Lukather, Eric Clapton, Slash, Joe Satriani, Paul Gilbert, dan Steve Vai merupakan sedikit gitaris yang terinspirasi karya-karya Jimi. Bahkan dalam setiap voting atau polling di majalah-majalah, Jimi Hendrix selalu terpilih sebagai The Greatest Guitarist All Time. Belum lagi banyaknya acara yang dibuat khusus mengenang Jimi Hendrix seperti yang digelar di Polandia setiap tahunnya. Acara yang diberi nama “Jimi Hendrix Festival” ini diramaikan ribuan gitaris yang memainkan lagu-lagu Jimi Hendrix secara bersamaan. Aksi ini telah tercatat di Guinness Book of Record. (dry)

Siapa kira2 gitaris indonesia yang menyerupai jimi hendrix ??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar